Sabtu, 17 Agustus 2013

CARA MENJAGA KESEHATAN KOI SAAT MUSIM DINGIN


Musim pancaroba merupakan musim yg berbahaya bagi umumnya mahluk hidup. tidak terkecuali ikan koi. hususnya dimusim dingin, ikan koi biasanya banyak masalah terutama yg berkaitan dg penyakit. Munculnya  penyakit herpes dan air monas yg sangat ditakuti oleh pembudidaya koi, biasanya juga dimusim dingan. Oleh karena itu ada langkah2 yg hrs dilakukan agar koi anda selamat dari serangan penyakit. langkah2 tersebut antara lain :

1. usahakan tidak memindah atau menangkap ikan . jika terpaksa harus memindah ikan , maka cara menangkapnya harus ekstra hati2. Gunakan serok atau jaring yg halus. Atau lebih baik langsung pakai tangan jika mungkin..

2. jika terjadi luka  sebaiknya
di karantina di tempat terpisah. letakkan ikan di kolam dangkal yg bisa terkena sinar matahari lengsung terutama di pagi hari.

3. Setiap 3 hari sekali pada saat memberi makan koi , rendam dulu ke dalam larutan anti biotik dg dosis rendah. Akan lebih baik jika menggunakan anti biotik organik yg terbuat dari daun-daunan .

4. berikan pakan pelet dg kadar protein hewani berkadar 20-25 persen saja.

5. jika terlihat ada gejala terkena serangan penyakit, segeralah dilakukan pengobatan setiap 3 hari sekali sampai sembuh.

6. ketinggian air jangan melebihi 75 cm , lebih rendah dari itu juga lebih baik . yg penting ikan tidk kandas.  dan usahakan oksigen lebih tinggi dari biasanya.

7. Jika koi berada di dataran tinggi , sebaiknya dibantu heater lamp untuk menghangatkan suhu. hususnya diwaktu malam.

8. jika ada sisa2 pakan yg berada di kolam , segera di ambil agar tidak mencemari air kolam.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar